Layanan

Layanan yang diberikan JOGJA PGCSIRT sebagai berikut (Catatan bahwa definisi insiden adalah termasuk insiden keamanan informasi seperti Vulnerabilities, Artifacts dan sebagainya):

  1. Menerima laporan insiden dari konstituen.
  2. Mencatat insiden.
  3. Menganalisis dan membedakan jenis insiden.
  4. Mengkoordinasikan respon terhadap insiden yang dilaporkan.
  5. Mengkompilasikan laporan insiden keamanan informasi dan melaporkannya kepada CSIRT lain yang terkait.

Layanan yang disediakan CSIRT dikelompokkan dalam 2 (dua) katagori, yaitu:

  1. Layanan Reaktif

Layanan ini dipicu oleh kejadian atau permintaan dari konstituen seperti laporan server yang terkena hack, terjangkit malware, atau adanya deteksi pada IDS dan sistem log. Layanan reaktif adalah layanan utama dari CSIRT.

  1. Layanan Proaktif

Layanan ini memberikan bantuan dan informasi yang membantu mempersiapkan,melindungi, dan mengamankan sistem konstituen dalam mengantisipasi serangan, masalah, atau peristiwa. Kinerja layanan ini akan langsung mengurangi jumlah insiden pada masa yang akan datang.

Berikut adalah pelayanan dari tim Jogja PGCSIRT

layanan